SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK [Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan (Kasir) Serta Pengelolaan Barang DebagsPro]
SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan (Kasir) Serta Pengelolaan Barang DebagsPro
Untuk:
Memenuhi Tugas Akhir Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut
(Ujian Akhir Semester)
Dipersiapkan oleh:
Mochammad Fiqri J (1137050140)
IF-C
Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Program Studi Teknik Informatika
SAINSTEK – UIN SGD BDG
|
Nomor Dokumen
|
Halaman
| |
SKPL- ASPD.K 01
|
1/13
| ||
Tgl: 10/11/ 2015
|
DAFTAR PERUBAHAN
Revisi
|
Deskripsi
|
A
|
Perubahan dalam Use Case beserta Class Diagram
|
B
| |
C
| |
D
| |
E
| |
F
| |
G
|
INDEX
TGL
|
-
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
Ditulis oleh
| ||||||||
Diperiksa oleh
| ||||||||
Disetujui oleh
|
Daftar Halaman Perubahan
Halaman
|
Revisi
|
Halaman
|
Revisi
|
5
5
|
Revisi UD
Revisi CD
|
Daftar Isi
1 PENDAHULUAN 1
1.1 Tujuan 1
1.2 Lingkup Masalah 1
1.3 Definisi, Akronim, dan Singkatan 1
1.4 Referensi 2
1.5 Deskripsi Umum Dokumen 2
2 DESKRIPSI UMUM PERANGKAT LUNAK 2
2.1 Deskripsi Umum Sistem 2
2.2 Fungsi Produk 3
2.3 Batasan 3
2.4 Karakteristik Pengguna 3
2.5 Lingkup Operasi 3
3 DESKRIPSI RINCI KEBUTUHAN 4
3.1 Kebutuhan Antarmuka Eksternal 4
3.1.1 Antarmuka Pemakai 4
3.1.2 Antarmuka Perangkat Keras 4
3.1.3 Antarmuka Perangkat Lunak 4
3.2 Kebutuhan Fungsional 5
3.2.2 Data Flow Diagram _ 5
3.2.3 P-Spec _ 7
3.2.4 Kamus Data _ 8
3.3.1 ER Diagram dan Physical Diagram 11
3.5 Batasan Perancangan 12
Pendahuluan
Dokumen ini akan berisi Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak ( SKPL) atau Software Requirement Specification (SRS) untuk Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry. Untuk penamaan dokumen ini selanjutnya akan digunakan istilah SKPL.
Tujuan
Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) merupakan dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang akan dikembangkan. Dokumen ini digunakan oleh pengembang perangkat lunak sebagai acuan teknis pengembangan perangkat lunak pada tahap selanjutnya.
Lingkup Masalah
Aplikasi sistem informasi penjualan DebagsPro ini merupakan aplikasi untuk pengelolaan baik itu proses transaksi yang terjadi dalam usaha ini maupun proses pelaporan transaksi baik kepada pelanggan maupun kepada owner yang mana berbasis desktop yang dirancang dalam bahasa pemrograman Java. Komputasi yang tercakup ke dalamnya adalah komputasi aritmatika sederhana berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dari dua buah bilangan bulat atau desimal.
Definisi, Akronim dan Singkatan
- SKPL adalah Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, atau dalam bahasa Inggris-nya sering juga disebut sebagai Software Requirements Spesification ( SRS), dan merupakan spesifikasi dari perangkat lunak yang akan dikembangkan.
- SKPL- ASPD.K-xxxx adalah kode yang digunakan untuk merepresentasikan kebutuhan (requirement) pada Aplikasi ini, dengan ASPD merupakan kode perangkat lunak, ASPD.K adalah kode fase, dan xxxx adalah digit/nomor kebutuhan (requirement).
- UC adalah Use case, rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor.
- CD adalah Class diagram, diagam yang digunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam sistem/perangkat lunak yang sedang kita gunakan.
Referensi
Referensi perangkat lunak ini diambil dari beberapa sumber diantaranya sumber literatur berupa buku tentang bahasa pemrograman Java dan MySQL serta beberapa tutorial yang berhubungan dengan perangkat lunak ini, juga dari beberapa sumber teruji yang telah penulis dokumentasikan.
Deskripsi Umum Dokumen
Dokumen SKPL ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian utama berisi penjelasan tentang dokumen SKPL yang mencakup tujuan pembuatan dokumen ini, lingkup masalah diselesaikan oleh perangkat lunak yang dikembangkan, definisi, referensi dan deskripsi umum.
Bagian kedua berisi penjelasan secara umum mengenai perangkat lunak yang dikembangkan meliputi fungsi dari perangkat lunak, karakteristik pengguna, batasan, dan asumsi yang diambil dalam pengembangan perangkat lunak. Bagian ketiga berisi uraian kebutuhan perangkat lunak secara lebih rinci.
Deskripsi Umum Perangkat Lunak
Deskripsi Umum Sistem
Dalam aplikasi ini terdapat 4 aktor, aktor pemegang hak akses penuh dari sistem basis data yang ada adalah admin dan hak akses aplikasi transaksi adalah karyawan. Admin dapat mengolah data dan mengolah stok yang ada dalam aplikasi ini, sedangkan pengolahan transaksi penjualan akan di lakukan oleh karyawan serta laporan keseluruhan yang nantinya akan diberikan kepada owner akan diakses oleh karyawan.
Owner dan konsumen disini diposisikan sebagai objek yang akan menerima laporan dari transaksi yang ada dalam aplikasi disini. Owner akan menerima laporan keseluruhan transaksi yang ada dalam aplikasi ini, sedangkan konsumen akan mendapatkan laporan transaksi yang mana telah konsumen lakukan atau biasa disebut dengan sebutan struk pembayaran.
Perangkat lunak ini dapat dijalankan pada lingkungan sistem operasi Microsoft ® Windows 95/98/NT/2000/XP/Vista/7/8/8.1/10. Perangkat lunak ini hanya dapat diakses oleh admin dengan menggunakan username dan password yang telah disediakan.
Fungsi Produk
Adapun fungsi-fungsi yang dimiliki oleh perangkat lunak ini adalah:
- Memasukan data karyawan, data produk dan data transaksi [SKPL- ASPD.K-0001].
- Menampilkan data karyawan, data produk dan data transaksi [SKPL- ASPD.K-0002].
- Mencetak laporan transaksi untuk pelanggan dan laporan keseluruhan transaksi untuk owner ke dalam hard copy berupa kertas laporan [SKPL- ASPD.K-0003].
- Menambah atau merubah data akun admin [SKPL- ASPD.K-0004].
Batasan
Perangkat lunak ini hanya memproses proses transaksi antara pelanggan yang diakses oleh karyawan dengan sistem yang di operasikan oleh admin. Perangkat lunak ini tidak mengoperasikan laporan tentang penggajian.
Karakteristik Pengguna
Pengguna perangkat lunak ini adalah guru tata usaha yang menggunakan komputer di lingkungan kerjanya.
Pengguna juga dapat berupa pengguna yang memiliki tingkat otorisasi khusus yang disebut sebagai administrator dan mempunyai wewenang untuk melakukan modifikasi pada informasi dalam database yang hendak ditampilkan.
Kategori Pengguna
|
Hak Akses
| |
Administrator
|
Mengelola Transaksi, Mengelola Data Master, Mengelola database Aplikasi.
|
SKPL- ASPD.K-0001
SKPL- ASPD.K-0002
SKPL- ASPD.K-0003
SKPL- ASPD.K-0004
|
Tabel 1: Kategori pengguna Sistem Informasi Penjualan DebagsPro
Lingkup Operasi
Perangkat lunak yang dibutuhkan oleh Aplikasi ini adalah:
- Sistem operasi : Microsof® Windows 95/98/NT/2000/XP/Vista/7/8/8.1/10
- DBMS: MySQL
Deskripsi Rinci Kebutuhan
Kebutuhan Antarmuka Eksternal
Kebutuhan antarmuka eksternal pada perangkat lunak aplikasi ini mencakup kebutuhan antarmuka user, antarmuka perangkat keras, dan antarmuka perangkat lunak.
Antarmuka Pemakai
Antarmuka pemakai akan dikembangkan dengan menggunakan modus grafik dan berbasis Executable Windows Program. Pemakai berinteraksi dengan perangkat lunak ini melalui antarmuka program. Aplikasi ini menerima masukan dari pengguna melalui perintah yang diklik pada mouse atau yang diketikkan melalui keyboard. Keluaran dari perangkat lunak SMS dapat dilihat pemakai dengan menggunakan monitor secara langsung ataupun melalui laporan berupa hardcopy.
Antarmuka Perangkat Keras
Kebutuhan minimum perangkat keras yang dapat digunakan oleh SMS adalah :
- Satu unit PC Compatible
- Papan kunci (keyboard)
- Tikusan (mouse)
- Monitor
Antarmuka Perangkat Lunak
Aplikasi ini dijalankan di sistem operasi berbasis Windows, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Java dan dengan database yang ada pada MySQL.
Kebutuhan Fungsional
Use Case Diagram
Gambar 1: Use Case Diagram Sistem Informasi Penjualan DebagsPro
Aplikasi ini memungkinkan penggunan untuk melihat informasi dalam database aplikasi pelayanan penjualan ini. Admin dapat mengelola data master serta mencetak laporan.
Definisi Actor
No
|
Actor
|
Deskripsi
|
1
|
Konsumen
|
Sebagai objek akhir dari aplikasi ini, akan menerima laporan berupa struk pembayaran
|
2
|
Admin
|
Memiliki hak akses penuh terkait basis data yang ada dalam aplikasi ini, dapat mengolah data barang dan stok
|
3
|
Karyawan
|
Memiliki hak akses terkait transaksi yang ada dalam aplikasi ini, dapat membuat transaksi dan membuat laporan transaksi keseluruhan serta struk
|
4
|
Owner
|
Sebagai peninjau laporan yang mana akan menerima laporan keseluruhan dari aplikasi ini
|
Definisi Usecase
No
|
Use Case
|
Deskripsi
|
1
|
Olah produk
|
Admin mengolah data barang yang ada dalam aplikasi yang nantinya akan dimasukan ke sistem
|
2
|
Transaksi Produk
|
Karyawan mengolah transaksi penjualan
|
3
|
Olah Stok
|
Admin mengolah data stok yang tersedia di sistem
|
4
|
Olah Laporan keseluruhan
|
Karyawan mengolah data laporan keseluruhan transaksi
|
5
|
Cetak bukti transaksi
|
Karyawan mencetak Struk
|
6
|
Batal Transaksi
|
Karyawan membatalkan Transaksi
|
Skenario Usecase
Use Case ID
|
1
|
Use Case Name
|
Transaksi Produk
|
Actors
|
Karyawan
|
Description
|
Konsumen transaksi produk yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
|
Preconditions
|
|
Postconditions
|
|
Normal Flow
|
|
Alternative Flows
|
|
Use Case ID
|
2
|
Use Case Name
|
Olah Stok
|
Actors
|
Karyawan
|
Description
|
Konsumen olah stok yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
|
Preconditions
|
|
Postconditions
|
|
Normal Flow
|
|
Alternative Flows
|
Use Case ID
|
3
|
Use Case Name
|
Cetak Bukti Transaksi
|
Actors
|
Konsumen, Karyawan
|
Description
|
Konsumen cetak bukti transaksi yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
|
Preconditions
|
|
Postconditions
|
|
Normal Flow
|
|
Alternative Flows
|
|
Use Case ID
|
4
|
Use Case Name
|
Olah Produk
|
Actors
|
Karyawan
|
Description
|
Karyawan mengolah produk yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
|
Preconditions
|
|
Postconditions
|
|
Normal Flow
|
|
Alternative Flows
|
|
Use Case ID
|
5
|
Use Case Name
|
Olah Laporan Keseluruhan
|
Actors
|
Karyawan, Owner
|
Description
|
Karyawan mengolah laporan penjualan yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
|
Preconditions
|
|
Postconditions
|
|
Normal Flow
|
|
Alternative Flows
|
|
Use Case ID
|
6
|
Use Case Name
|
Batal Transaksi
|
Actors
|
Konsumen
|
Description
|
Konsumen olah laporan penjualan yang tersedia pada sistem.
|
Preconditions
|
|
Postconditions
|
|
Normal Flow
|
|
Data Requirement
Data aplikasi sistem informasi penjualan debagspro adalah sebagai berikut:
- Data admin berupa username dan password.
- Data karyawan berupa id, nama, jenis kelamin, alamat, no telepon.
- Data karyawan berupa id, nama, ukuran, jenis, harga.
- Data laporan berisi nota transaksi.
- Data laporan keseluruhan berupa data print out seluruh transaksi.
Class Diagram
Class Diagram ini dibuat dengan StarUML
Gambar 4: Class Diagram untuk Aplikasi Sistem Penjualan DebagsPro
Non Functional Requirement
SRS_ID
|
Parameter
|
Requirement
|
SKPL- ASPD.K-0005
|
Availability
|
24 jam sehari, 7 hari seminggu saat Sumber Listrik Tersedia
|
SKPL- ASPD.K-0006
|
Reliability
|
100% Handal dalam operasi
|
N/A
|
Ergonomy
|
N/A
|
SKPL- ASPD.K-0007
|
Portability
|
Mudah digunakan pada lingkungan sistem operasi Microsoft® Windows dengan DBMS SQL Server
|
N/A
|
Memory
|
N/A
|
SKPL- ASPD.K-0008
|
Response Time
|
Kecepatan saat penggunaan tergantung RAM dan PROSESOR komputer
|
N/A
|
Security
|
N/A
|
SKPL- ASPD.K-0009
|
Komunikasi
|
Bahasa Indonesia
|
Tabel 2: Tabel functional requirement summary untuk Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry
Batasan Perancangan
Aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Microsoft ® Windows.
Modifikasi data dalam database aplikasi ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang memiliki otoritas hak akses administrator (admin).
Kerunutan (Traceability)
Data Store
|
Sifat
|
Entity
|
Data Admin
|
Statis
|
data_admin
|
Data Pelanggan
|
Statis
|
data_karyawan
|
Data Cucian
|
Statis
|
data_produk
|
Table 3: Keterhubungan antara class diagram
Ringkasan Kebutuhan
Functional Requirement Summary
SRS_F_ID
|
Description
|
SKPL- ASPD.K-0001
|
Memasukan data karyawan, data produk dan data transaksi
|
SKPL- ASPD.K-0002
|
Menampilkan karyawan, data produk dan data transaksi
|
SKPL- ASPD.K-0003
|
Mencetak laporan transaksi untuk pelanggan dan laporan keseluruhan transaksi untuk owner ke dalam hard copy berupa kertas laporan
|
SKPL- ASPD.K-0004
|
Menambah atau merubah data akun admin
|
Tabel 4: Tabel functional requirement untuk Aplikasi Sistem Penjualan DebagsPro
Non-Functional Requirement Summary
SRS_NF_ID
|
Description
|
SKPL- ASPD.K-0005
|
24 jam sehari, 7 hari seminggu saat Sumber Listrik Tersedia
|
SKPL- ASPD.K-0006
|
100% Handal dalam operasi
|
SKPL- ASPD.K-0007
|
Mudah digunakan pada lingkungan sistem operasi Microsoft® Windows dengan DBMS SQL Server
|
SKPL- ASPD.K-0008
|
Kecepatan saat penggunaan tergantung RAM dan PROSESOR komputer
|
SKPL- ASPD.K-0009
|
Bahasa Indonesia
|
Tabel 7: Tabel non-functional requirement untuk Aplikasi Sistem Penjualan DebagsPro
Komentar
Posting Komentar