ISTILAH-ISTILAH DALAM INTERNET [IP,TCP,UDP,DNS,PPP,HTTP, dll.]

 PEMROGRAMAN INTERNET
ISTILAH-ISTILAH DALAM INTERNET
Jelaskan beberapa istilah terkait pemrograman internet berikut IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL, email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, WWW (World Wide Web), Gopher, Session Access, WAIS, IRC, MUD, MUSH!
Jelaskan perkembangan web 1.0, web 2.0, dan web 3.0!
No
Istilah
Definisi
1
IP (Internet Protokol)
Adalah suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi
2
TCP (Transmission Control Protocol)
Adalah suatu protokol yang berada dilapisan transport (lapisan ke empat dari model OSI) yang berorientasi sambungan (connection – oriented) dan dapat diandalkan (reliable) yaitu komputer ynag terhubung keinternet, berkomunikasi dengan protokol ini.
3
UDP (User DatagramProtocol)
Adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP
4
DNS ( Distribute Database System)
Adalah yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di rangkaian yang menggunakan TCP/IP. Dan merupakan sebuah aplikasi service yang biasa digunakan di internet seperti web browser atau e-mail yang menerjemahkan sebuah domain ke IP address dan sebaliknya.
5
PPP ( Point-to-Point Protocol)
Adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan. Hal ini dapat menyediakan koneksi otentikasi, transmisi enkripsi (menggunakan ECPRFC) dan kompresi.
6
SLIP (Serial Line Internet Protocol)
Merupakan enkapsulasi dari Internet Protocol yang dirancang untuk bekerja di port serial dan modemkoneksi. Hal ini didokumentasikan dalam RFC 1055.
7
ICMP (Internet Control Message Protocol)
Adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang digunakan untuk membantu error handling dan prosedur pengaturan (control procedure).
8
POP3 (Post Office Protocol version 3)
Adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email.
9
IMAP (Internet Message Access Protocol)
Adalah protokol standar untuk mengakses/ mengambil e-mail dari server yang memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan di ambil (membuat folder di server, mencari atau menghapus pesan e-mail)
10
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos.
11
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia (dasar dari komunikasi data untuk world wide web)
12
HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) 
Adalah penggabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan SSL / TLS protokol. Semua komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dengan tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet.
13
SSH (Secure Shell)
Adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.
14
Telnet (Telecommunication network)
Adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.
15
FTP (File Transfer Protocol)
Adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antar jaringan (menggunakan TCP).
16

LDAP ( Light Weight Directory Access Protocol )

Adalah sebuah protokol yang mengatur mekanisme pengaksesan layanan direktori (Directory Service) yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan banyak informasi seperti informasi tentang people, organizations, roles, services dan banyak entitas lainnya.
17
SSL (Secure Socket Layer)
Adalah protokol yang dikembangkan untuk dapat mengirimkan data secara aman melalui internet.
18
Email (Electronic Mail)
Adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
19
Usernet
Merupakan sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Usenet menggunakan teknologi UUCP dalam mentransfer diskusinya.
20
Newsgroup
Adalah kelompok diskusi maya di internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi warta.
21
WWW (World Wide Web)
Adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna.
22
Gopher
Adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet.
23
Session Access
Adalah semi-permanen informasi pertukaran interaktif, juga dikenal sebagai dialog, percakapan atau pertemuan, antara dua atau lebih perangkat berkomunikasi, atau antara komputer dan pengguna
24
WAIS (Wide Area Information Server)
Adalah sebuah sistem pencarian dan pembukaan dokumen di Internet yang berbasis sistem operasi UNIX yang dapat digunakan untuk mencari dokumen pada lebih dari 500 pustaka WAIS (WAIS Library) di Internet seperti halnya Project Gutenberg dengan menemukan berkas-berkas yang telah diindeksasi yang cocok dengan keyword (kata kunci) yang dimasukkan oleh pengguna.
25
IRC (Internet Relay Chat)
Adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.
25
MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension)
MUD jauh lebih fleksibel dan luas dari pada IRC. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan.
26
MUSH (Multi-User Shared Halusinasi)
Adalah media berbasis teks sosial online yang beberapa pengguna terhubung pada waktu yang sama. MUSH sering digunakan untuk melakukan hubungan sosial online dan role-playing game

Web
Perkembangan
Fitur Web
Web 1.0
Merupakan teknologi awal dari sebuah web, teknologi ini masih statis dimana antara sever dan client hanya terjadi komunikasi 1 arah dimana server sebagai pemberi informasi dan client hanya sebagai pembaca, tampilan pada teknologi web ini berupa script atau text (memiliki sifat yang sedikit interaktif), bahasa yang digunakan untuk membangun teknologi web ini yaitu bahasa HTML,
Tampilan masih berupa statis
Penggunaan framesets
Terjadi komunikasi namun hanya satu arah saja
Web 2.0
Pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online (menambah interaktifitas di antara para pengguna Web).
Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut [Tim O’Reilly]
CSS (Cascading Style Sheets)
Aplikasi Rich Internet atau berbasis Ajax
Markup XHTML
Sindikasi dan agregasi data menggunakan RSS/Atom
URL yang valid
Folksonomies
Aplikasi wiki pada sebagian atau seluruh Website
XML Web-Service API
Web 3.0
Walaupun masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand.
Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online [John Markoff].
Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah.
Ubiquitous connectivity
Network computing, software-as-a-service business models, Web services interoperability, distributed computing, grid computing and
cloud computing;
Open technologies
Open identity, OpenID
The intelligent web, Semantic Web technologies such as RDF, OWL, SWRL, SPARQL, GRDDL, semantic application platforms, and statement-
based datastores
Distributed databases,
Intelligent applications.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK [Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan (Kasir) Serta Pengelolaan Barang DebagsPro]

SISTEM BILANGAN