INTERNET

A.  PENGERTIAN INTERNET
Secara harfiah, internet (kependekan dari pada perkataan 'interconnected-networking') jadi internet adalah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Adapun pengertian lain bahwa internet adalah :
•         Media komunikasi yang menggunakan komputer dan saluran telekomunikasi sbg tulang punggungnya
•         Rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa rangkaian
  1. Pengertian menurut para pakar
menurut strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.
Menurut O`Brien (2003)Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.  
Menurut Allan (2005, p12) internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikanprotokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) danTransmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhanamengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.


B.  SEJARAH INTERNET
·         1957 Uni Soviet (sekarang Russia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
·         1958 Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
·         1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
·         Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
·         Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan “Cooperative Networking of Time-sharing Computers“, dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
·         1965 Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson.
·         1968 Jaringan Tymnet dibuat.
·         1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
·         1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group(INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet.Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai “Bapak Internet“
·         1972-1974 Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
·         1973 ARPANET ke luar Amerika Serikat pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
·         1974 Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection“.
·         1974 Bolt, Beranet & Newman (BBN), perusahaan kontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telnet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
·         1977 Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
·         1978 Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
·         1979 Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat.Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
·         Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University ofWashington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
·         1982 Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protocol universal untuk jaringan tersebut.Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menujuhost tersebut.Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.


C.  KEMUNCULAN INTERNET
Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).
Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal hari ini.
Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.


Tokoh-tokoh Internet Dunia
1.   Timothy Barners Lee pencipta WWW (World Wide Web)
2.   Roy Tomlinson pencipta @ (at) pada alamat e-mail

D.  LAYANAN INTERNET
—  Sebagai media melakukan transfer file (FTP)
—  Sebagai sarana mengirim surat (e-mail)
—  Sebagai pusat pembelajaran dan pendidikan : Digital library dan E-learning
—  Sarana untuk penjualan dan pemasaran : E-commerce
—  Melakukan mailing list, newsgroup, konferensi
—  Chatting, telnet
—  Mesin pencari (search engine)
—  Mengirim SMS ke telepon seluler
—  Sarana entertainment dan permainan

E.   TATA TERTIB INTERNET (Netiquette)
Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.

A) Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah :
1.   Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
2.   Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
3.   Dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu:
a)   jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b)   jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas

B)  Kebutuhan untuk koneksi internet
•       Komputer dgn prosesor minimum Pentium 100 Mhz
•       Memory minimal 16 MB, HDD 1,2 GB
•       Sistem Operasi Windows 9x atau yang lebih baru
•       Modem (ADSL, ISDN, DialUp)
•       Saluran telpon/koneksi dgn ISP
•       Browser
•       PDA, SmartPhone, UMPC, Laptop

C)  Istilah-Istilah Internet Indonesia
—  attachment = lampiran
—  bandwidth = lebar pita
—  broadband = pita lebar, jalur lebar
—  browser = peramban, penjelajah
—  bulletin board = papan buletin
—  chat = obrol, obrolan, rumpi
—  crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
—  collission = tabrakan data
—  connection = sambungan
—  copy = salin, kopi
—  cut = potong
—  cyberspace = dunia maya
—  database = pangkalan data, basis data
—  delete/del = hapus
—  domain = ranah
—  download = ambil data, unduh, muat turun
—  edit = sunting, ubah
—  e-mail = imel, ratel / surel (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat-e
—  forward/fwd (e-mail) = terusan
—  homepage = laman
—  hosting = hosting
—  interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless)
—  install = instalasi
—  interface = antarmuka
—  keyword = kata kunci
—  lag = lambat
—  link = taut, kait, pautan, pranala
—  load = muat
—  login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log
—  logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log
—  network = jaringan
—  newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
—  mailing list = milis, senarai, forum ratel
—  network = jaringan
—  networking = jejaring
—  off line = tidak terhubung, terputus
—  online / on line = terhubung, tersambung
—  password = kata sandi, kata kunci
—  paste = tempel
—  preview = pratonton, pratilik, pratayang
—  (internet service) provider = penyelenggara jasa internet
—  save = simpan
—  scan = pindai
—  server = peladen
—  sign in / signin / sign on = lihat login
—  sign out / sign off = lihat logout
—  surfing = berselancar, selancar maya
—  update = pemutakhiran, pembaruan
—  upload = unggah, muat naik
—  username = nama pengguna
—  virtual reality = realitas maya
—  webpage = halaman web
—  website = situs web
—  wireless = nirkabel

F.    DAMPAK INTERNET
A. Dampak Positif
1.    Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak  digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.    Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3.    Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4.     Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5.    Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
      Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

B. Dampak Negatif
  1. Pornografi
                    Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
  2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
  1. Penipuan
                    Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
  2. Carding
                Karena sifatnya yang langsung, cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
  1. Perjudian
                    Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
> Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet  
   daripada bertemu   secara langsung (face to face).
> Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam  
    berinteraksi.
> Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut
    berkembang).
> Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat

    menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OUTPUT DEVICE

SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK [Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan (Kasir) Serta Pengelolaan Barang DebagsPro]

ISTILAH-ISTILAH DALAM INTERNET [IP,TCP,UDP,DNS,PPP,HTTP, dll.]