INTERNET
A.
PENGERTIAN
INTERNET
Secara harfiah, internet (kependekan dari pada perkataan 'interconnected-networking') jadi internet
adalah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa
rangkaian.
Adapun pengertian lain bahwa internet adalah :
•
Media komunikasi yang menggunakan komputer dan saluran
telekomunikasi sbg tulang punggungnya
•
Rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa
rangkaian
- Pengertian
menurut para pakar
menurut strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet adalah
seluruh jaringan yang saling terhubung
satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam
jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat
diakses oleh seluruh jaringan komputer.
Menurut O`Brien (2003)Internet merupakan jaringan komputer yang
berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang
saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.
Menurut Allan (2005,
p12) internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling
terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca
dan menguraikanprotokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) danTransmission
Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhanamengenai
bagaimana komputer saling bertukar informasi.
B.
SEJARAH
INTERNET
·
1957 Uni Soviet (sekarang Russia) meluncurkan wahana luar angkasa,
Sputnik.
·
1958 Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan
wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan
Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar
Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara
tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
·
1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana
komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara
global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program
dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide
ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
·
Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan
dalam dunia nyata.
·
Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan
“Cooperative Networking of Time-sharing Computers“, dengan hanya empat buah
host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research
Institute, University of California, Los Angeles, University of California,
Santa Barbara, dan University of Utah.
·
1965 Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson.
·
1968 Jaringan Tymnet dibuat.
·
1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer,
yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika
Serikat dan universitas.
·
1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network
Working Group(INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan
juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya
adalah Internet.Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian
disebut sebagai “Bapak Internet“
·
1972-1974 Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC
Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke
ARPANET melalui jaringan dial-up.
·
1973 ARPANET ke luar Amerika Serikat pada tahun ini, anggota ARPANET
bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat
yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment
di Norwegia.
·
1974 Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol
Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet
Network Interconnection“.
·
1974 Bolt, Beranet & Newman (BBN), perusahaan kontraktor untuk
ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai
Telnet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
·
1977 Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
·
1978 Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control
Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
·
1979 Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan
Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina
Amerika Serikat.Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.Di
tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
·
Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari
banyak hidup manusia.Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga
213 host yang terhubung.Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai,
dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer
Protocol (FTP).CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini
oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University,
University ofWashington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari
National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan
beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses
ARPANET.
·
1982 Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai
protocol universal untuk jaringan tersebut.Name server mulai dikembangkan,
sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host
tanpa harus mengetahui jalur pasti menujuhost tersebut.Tahun ini tercatat ada
lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
C.
KEMUNCULAN
INTERNET
Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada
tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department
of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang
disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised
network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).
Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol
rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang
kita kenal hari ini.
Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan
menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.
Tokoh-tokoh Internet Dunia
1. Timothy Barners Lee pencipta WWW (World Wide Web)
2. Roy Tomlinson pencipta @ (at) pada alamat e-mail
D.
LAYANAN
INTERNET
Sebagai media melakukan transfer file (FTP)
Sebagai sarana mengirim surat (e-mail)
Sebagai pusat pembelajaran dan pendidikan : Digital library dan E-learning
Sarana untuk penjualan dan pemasaran : E-commerce
Melakukan mailing list, newsgroup, konferensi
Chatting,
telnet
Mesin pencari (search engine)
Mengirim SMS ke telepon seluler
Sarana entertainment dan permainan
E.
TATA TERTIB
INTERNET (Netiquette)
Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet.
Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi
acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut
batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
A) Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah :
1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda,
mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti
virus atau personal firewall
2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah
mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa
alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
3. Dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet,
caranya sederhana yaitu:
a) jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya
plagiat.
b) jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet,
misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri
informasi yang sebenarnya terbatas
B) Kebutuhan untuk koneksi internet
• Komputer dgn prosesor minimum Pentium 100 Mhz
• Memory minimal 16 MB, HDD 1,2 GB
• Sistem Operasi Windows 9x atau yang lebih baru
• Modem (ADSL, ISDN, DialUp)
• Saluran telpon/koneksi dgn ISP
• Browser
• PDA, SmartPhone, UMPC, Laptop
C) Istilah-Istilah Internet Indonesia
attachment = lampiran
bandwidth = lebar pita
broadband = pita lebar, jalur lebar
browser = peramban, penjelajah
bulletin board = papan buletin
chat = obrol, obrolan, rumpi
crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
collission = tabrakan data
connection = sambungan
copy = salin, kopi
cut = potong
cyberspace = dunia maya
database = pangkalan data, basis data
delete/del = hapus
domain = ranah
download = ambil data, unduh, muat turun
edit = sunting, ubah
e-mail = imel, ratel / surel (surat elektronik), posel (pos elektronik),
surat-e
forward/fwd (e-mail) = terusan
homepage = laman
hosting = hosting
interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless)
install = instalasi
interface = antarmuka
keyword = kata kunci
lag = lambat
link = taut, kait, pautan, pranala
load = muat
login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log
logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log
network = jaringan
newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
mailing list = milis, senarai, forum ratel
network = jaringan
networking = jejaring
off line = tidak terhubung, terputus
online / on line = terhubung, tersambung
password = kata sandi, kata kunci
paste = tempel
preview = pratonton, pratilik, pratayang
(internet service) provider = penyelenggara jasa internet
save = simpan
scan = pindai
server = peladen
sign in / signin / sign on = lihat login
sign out / sign off = lihat logout
surfing = berselancar, selancar maya
update = pemutakhiran, pembaruan
upload = unggah, muat naik
username = nama pengguna
virtual reality = realitas maya
webpage = halaman web
website = situs web
wireless = nirkabel
F.
DAMPAK INTERNET
A. Dampak Positif
1.
Internet
sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet
dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.
Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide
web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3.
Media
untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan
www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di
internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5.
Bisa
digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan
lain-lain
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam
bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
B. Dampak Negatif
- Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. - Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak
ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas,
maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’
situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
- Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut. - Carding
Karena sifatnya yang langsung,
cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak
digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak
melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat
mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan
mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data
yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
- Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
> Mengurangi sifat sosial manusia
karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet
daripada
bertemu secara langsung (face to face).
> Dari sifat sosial yang berubah dapat
mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam
berinteraksi.
> Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut
> Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut
berkembang).
> Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat
> Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat
menghabiskan
uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
Komentar
Posting Komentar