SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK [Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan (Kasir) Serta Pengelolaan Barang DebagsPro]



SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK

Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan (Kasir) Serta Pengelolaan Barang DebagsPro

Untuk:
Memenuhi Tugas Akhir Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut
(Ujian Akhir Semester)

Dipersiapkan oleh:
Mochammad Fiqri J    (1137050140)
IF-C
Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung




Program Studi Teknik Informatika
SAINSTEK – UIN SGD BDG
Nomor Dokumen
Halaman

SKPL- ASPD.K 01
1/13
Tgl: 10/11/ 2015

DAFTAR PERUBAHAN
Revisi
Deskripsi
A

Perubahan dalam Use Case beserta Class Diagram
B

C

D


E


F


G




INDEX
TGL
-
A
B
C
D
E
F
G
Ditulis oleh








Diperiksa oleh








Disetujui oleh








Daftar Halaman Perubahan
Halaman
Revisi
Halaman
Revisi
5
5










Revisi UD
Revisi CD



Daftar Isi


1    PENDAHULUAN    1
1.1    Tujuan    1
1.2    Lingkup Masalah    1
1.3    Definisi, Akronim, dan Singkatan    1
1.4    Referensi    2
1.5    Deskripsi Umum Dokumen    2
2    DESKRIPSI UMUM PERANGKAT LUNAK    2
2.1    Deskripsi Umum Sistem    2
2.2    Fungsi Produk    3
2.3    Batasan    3
2.4    Karakteristik Pengguna    3
2.5    Lingkup Operasi    3
3    DESKRIPSI RINCI KEBUTUHAN    4
3.1    Kebutuhan Antarmuka Eksternal    4
3.1.1    Antarmuka Pemakai    4
3.1.2    Antarmuka Perangkat Keras    4
3.1.3    Antarmuka Perangkat Lunak    4
3.2    Kebutuhan Fungsional    5
3.2.2    Data Flow Diagram _    5
3.2.3    P-Spec _    7
3.2.4    Kamus Data _    8
3.3.1    ER Diagram dan Physical Diagram    11
3.5    Batasan Perancangan    12


  1. Pendahuluan

Dokumen ini akan berisi Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak ( SKPL) atau Software Requirement Specification (SRS) untuk  Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry. Untuk penamaan dokumen ini selanjutnya akan digunakan istilah  SKPL.
    1. Tujuan

Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) merupakan dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang akan dikembangkan. Dokumen ini digunakan oleh pengembang perangkat lunak sebagai acuan teknis pengembangan perangkat lunak pada tahap selanjutnya.
    1. Lingkup Masalah

Aplikasi sistem informasi penjualan DebagsPro ini merupakan aplikasi untuk pengelolaan baik itu proses transaksi yang terjadi dalam usaha ini maupun proses pelaporan transaksi baik kepada pelanggan maupun kepada owner yang mana berbasis desktop yang dirancang dalam bahasa pemrograman Java. Komputasi yang tercakup ke dalamnya adalah komputasi  aritmatika sederhana berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dari dua buah bilangan bulat atau desimal.
    1. Definisi, Akronim dan Singkatan

  • SKPL adalah Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, atau  dalam bahasa Inggris-nya sering juga disebut sebagai Software Requirements Spesification ( SRS), dan merupakan spesifikasi dari perangkat lunak yang  akan dikembangkan.
  • SKPL- ASPD.K-xxxx adalah kode yang digunakan  untuk merepresentasikan kebutuhan (requirement) pada  Aplikasi ini, dengan ASPD merupakan kode perangkat lunak, ASPD.K adalah kode fase, dan xxxx adalah digit/nomor kebutuhan (requirement).
  • UC adalah Use case, rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor.

  • CD adalah Class diagram, diagam yang digunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam sistem/perangkat lunak yang sedang kita gunakan.
    1. Referensi

Referensi perangkat lunak ini diambil dari beberapa sumber diantaranya sumber literatur berupa buku tentang bahasa pemrograman Java dan MySQL serta beberapa tutorial yang berhubungan dengan perangkat lunak ini, juga dari beberapa sumber teruji yang telah penulis dokumentasikan.
    1. Deskripsi Umum Dokumen

Dokumen SKPL ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian utama berisi penjelasan tentang dokumen  SKPL yang mencakup tujuan pembuatan dokumen ini, lingkup masalah diselesaikan oleh perangkat lunak yang dikembangkan, definisi, referensi dan deskripsi umum.
Bagian kedua berisi penjelasan secara umum mengenai perangkat lunak yang dikembangkan meliputi fungsi dari perangkat lunak, karakteristik pengguna, batasan, dan asumsi yang diambil dalam pengembangan perangkat lunak. Bagian ketiga berisi uraian kebutuhan perangkat lunak secara lebih rinci.
  1. Deskripsi Umum Perangkat Lunak

    1. Deskripsi Umum Sistem

Dalam aplikasi ini terdapat 4 aktor, aktor pemegang hak akses penuh dari sistem basis data yang ada adalah admin dan hak akses aplikasi transaksi adalah karyawan. Admin dapat mengolah data dan mengolah stok yang ada dalam aplikasi ini, sedangkan pengolahan transaksi penjualan akan di lakukan oleh karyawan serta laporan keseluruhan yang nantinya akan diberikan kepada owner akan diakses oleh karyawan.
Owner dan konsumen disini diposisikan sebagai objek yang akan menerima laporan dari transaksi yang ada dalam aplikasi disini. Owner akan menerima laporan keseluruhan transaksi yang ada dalam aplikasi ini, sedangkan konsumen akan mendapatkan laporan transaksi yang mana telah konsumen lakukan atau biasa disebut dengan sebutan struk pembayaran.
Perangkat lunak ini dapat dijalankan pada lingkungan sistem operasi Microsoft ® Windows 95/98/NT/2000/XP/Vista/7/8/8.1/10. Perangkat lunak ini hanya dapat diakses oleh admin dengan menggunakan username dan password yang telah disediakan.
    1. Fungsi Produk

Adapun fungsi-fungsi yang dimiliki oleh perangkat lunak ini adalah:
  • Memasukan data karyawan, data produk dan data transaksi [SKPL- ASPD.K-0001].
  • Menampilkan data karyawan, data produk dan data transaksi [SKPL- ASPD.K-0002].
  • Mencetak laporan transaksi untuk pelanggan dan laporan keseluruhan transaksi untuk owner ke dalam hard copy berupa kertas laporan [SKPL- ASPD.K-0003].
  • Menambah atau merubah data akun admin [SKPL- ASPD.K-0004].
    1. Batasan

Perangkat lunak ini hanya memproses proses transaksi antara pelanggan yang diakses oleh karyawan dengan sistem yang di operasikan oleh admin. Perangkat lunak ini tidak mengoperasikan laporan tentang penggajian.
    1. Karakteristik Pengguna

Pengguna perangkat lunak ini adalah guru tata usaha yang menggunakan komputer di lingkungan kerjanya.
Pengguna juga dapat berupa pengguna yang memiliki tingkat otorisasi khusus yang disebut sebagai administrator dan mempunyai wewenang untuk melakukan  modifikasi pada informasi dalam database yang hendak ditampilkan.





Kategori Pengguna
Hak Akses

Administrator
Mengelola Transaksi, Mengelola Data Master, Mengelola database Aplikasi.
SKPL- ASPD.K-0001
SKPL- ASPD.K-0002
SKPL- ASPD.K-0003
SKPL- ASPD.K-0004
Tabel 1: Kategori pengguna Sistem Informasi Penjualan DebagsPro
    1. Lingkup Operasi

Perangkat lunak yang dibutuhkan oleh Aplikasi ini adalah:
  • Sistem operasi : Microsof® Windows 95/98/NT/2000/XP/Vista/7/8/8.1/10
  • DBMS: MySQL
  1. Deskripsi Rinci Kebutuhan

    1. Kebutuhan Antarmuka Eksternal

Kebutuhan antarmuka eksternal pada perangkat lunak aplikasi ini mencakup kebutuhan antarmuka user, antarmuka perangkat keras, dan antarmuka perangkat lunak.  
      1. Antarmuka Pemakai

Antarmuka pemakai akan dikembangkan dengan menggunakan modus grafik dan berbasis Executable Windows Program. Pemakai berinteraksi dengan perangkat lunak  ini melalui antarmuka program. Aplikasi ini menerima masukan dari pengguna melalui perintah yang diklik pada mouse atau yang diketikkan melalui keyboard. Keluaran dari perangkat lunak  SMS  dapat dilihat pemakai dengan menggunakan monitor secara langsung ataupun melalui laporan berupa hardcopy.
      1. Antarmuka Perangkat Keras

Kebutuhan minimum perangkat keras yang dapat digunakan oleh  SMS  adalah :
  • Satu unit PC Compatible
  • Papan kunci (keyboard)
  • Tikusan (mouse)
  • Monitor
      1. Antarmuka Perangkat Lunak

Aplikasi ini dijalankan di sistem operasi berbasis Windows, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Java dan dengan database yang ada pada MySQL.

    1. Kebutuhan Fungsional

      1. Use Case Diagram



Gambar 1: Use Case Diagram Sistem Informasi Penjualan DebagsPro
Aplikasi ini memungkinkan penggunan untuk melihat informasi dalam database aplikasi pelayanan penjualan ini. Admin dapat mengelola data master serta mencetak laporan.

      1. Definisi Actor

No
Actor
Deskripsi
1
Konsumen
Sebagai objek akhir dari aplikasi ini, akan menerima laporan berupa struk pembayaran
2
Admin
Memiliki hak akses penuh terkait basis data yang ada dalam aplikasi ini, dapat mengolah data barang dan stok
3
Karyawan
Memiliki hak akses terkait transaksi yang ada dalam aplikasi ini, dapat membuat transaksi dan membuat laporan transaksi keseluruhan serta struk
4
Owner
Sebagai peninjau laporan yang mana akan menerima laporan keseluruhan dari aplikasi ini

      1. Definisi Usecase

No
Use Case
Deskripsi
1
Olah produk
Admin mengolah data barang yang ada dalam aplikasi yang nantinya akan dimasukan ke sistem
2
Transaksi Produk
Karyawan mengolah transaksi penjualan
3
Olah Stok
Admin mengolah data stok yang tersedia di sistem
4
Olah Laporan keseluruhan
Karyawan mengolah data laporan keseluruhan transaksi
5
Cetak bukti transaksi
Karyawan mencetak Struk
6
Batal Transaksi
Karyawan membatalkan Transaksi

      1. Skenario Usecase

Use Case ID
1
Use Case Name
Transaksi Produk
Actors
Karyawan
Description
Konsumen transaksi produk yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
  1. Use Case cetak bukti transaksi
  2. Use Case olah laporan keseluruhan
  3. Use Case olah stok
  4. Use Case olah produk
Preconditions
  1. Sistem menampilkan katalog produk
Postconditions
  1. Konsumen memilih produk yang diinginkan
  2. Karyawan memproses transaksi
Normal Flow
  1. Konsumen memilih produk yang diinginkan
  2. Karyawan melakukan transaksi setelah memilih produk
  3. Karyawan dapat menambah produk maupun menghapus produk di proses transaksi
Alternative Flows
  1. Jika konsumen ingin mengganti produk yang ingin dibeli, Karyawan dapat menghapus produk yang ingin dihapus

Use Case ID
2
Use Case Name
Olah Stok
Actors
Karyawan
Description
Konsumen olah stok yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
  1. Use Case laporan keseluruhan
Preconditions
  1. Karyawan mengolah stok produk
Postconditions
  1. Karyawan melakukan olah stok
  2. Akan menjadi acuan sebagai laporan keseluruhan transaksi
Normal Flow
  1. Karyawan membuat stok produk
  2. Produk tersimpan di sistem
Alternative Flows


Use Case ID
3
Use Case Name
Cetak Bukti Transaksi
Actors
Konsumen, Karyawan
Description
Konsumen cetak bukti transaksi yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
  1. Use Case Transaksi Produk
Preconditions
  1. Karyawan memproses cetak bukti transaksi
Postconditions
  1. Bukti transaksi tercetak
Normal Flow
  1. Karyawan memproses pencetakan bukti transaksi
  2. Konsumen mendapatkan bukti transaksi
Alternative Flows
  1. Konsumen mendapatkan bukti transaksi

Use Case ID
4
Use Case Name
Olah Produk
Actors
Karyawan
Description
Karyawan mengolah produk yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
  1. Use Case Transaksi Produk
Preconditions
  1. Karyawan mengolah data produk
Postconditions
  1. Seluruh produk terinput ke sistem
Normal Flow
  1. Karyawan memasukan data produk
  2. Produk masuk kedalam sistem yang ada
Alternative Flows
  1. Karyawan dapat mengedit data produk

Use Case ID
5
Use Case Name
Olah Laporan Keseluruhan
Actors
Karyawan, Owner
Description
Karyawan mengolah laporan penjualan yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:
  1. Use Case Transaksi Produk
Preconditions
  1. Karyawan mengolah data laporan penjualan produk
Postconditions
  1. Laporan tercetak
Normal Flow
  1. Karyawan memproses pembuatan laporan yang berasal dari seluruh transaksi yang ada
  2. Laporan keseluruhan berhasil di cetak dan selanjutnya akan di berikan kepada owner
Alternative Flows
  1. Karyawan dapat mengedit data laporan

Use Case ID
6
Use Case Name
Batal Transaksi
Actors
Konsumen
Description
Konsumen olah laporan penjualan yang tersedia pada sistem.
Preconditions
  1. Konsumen melakukan pembatalan transaksi
Postconditions
  1. Transaksi dibatalkan
Normal Flow
  1. Transaksi dibatalkan konsumen

    1. Data Requirement

Data aplikasi sistem informasi penjualan debagspro adalah sebagai berikut:
  • Data admin berupa username dan password.
  • Data karyawan berupa id, nama, jenis kelamin, alamat, no telepon.
  • Data karyawan berupa id, nama, ukuran, jenis, harga.
  • Data laporan berisi nota transaksi.
  • Data laporan keseluruhan berupa data print out seluruh transaksi.

      1. Class Diagram

Class Diagram ini dibuat dengan StarUML







C:\Users\MOCHAMMAD FIQRI J-PC\Desktop\RPLLLLLLL.jpg

Gambar 4: Class Diagram untuk Aplikasi Sistem Penjualan DebagsPro











    1. Non Functional Requirement

SRS_ID
Parameter
Requirement
SKPL- ASPD.K-0005
Availability
24 jam sehari, 7 hari seminggu saat Sumber Listrik Tersedia
SKPL- ASPD.K-0006
Reliability
100% Handal dalam operasi
N/A
Ergonomy
N/A
SKPL- ASPD.K-0007
Portability
Mudah digunakan pada lingkungan sistem operasi Microsoft® Windows dengan DBMS SQL Server
N/A
Memory
N/A
SKPL- ASPD.K-0008
Response Time
Kecepatan saat penggunaan tergantung RAM dan PROSESOR komputer
N/A
Security
N/A
SKPL- ASPD.K-0009
Komunikasi
Bahasa Indonesia

Tabel 2: Tabel functional requirement summary untuk Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry
    1. Batasan Perancangan

Aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Microsoft ® Windows.
Modifikasi data dalam database aplikasi ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang memiliki otoritas hak akses administrator (admin).
    1. Kerunutan (Traceability)

Data Store
Sifat
Entity
Data Admin
Statis
data_admin
Data Pelanggan
Statis
data_karyawan
Data Cucian
Statis
data_produk

Table 3: Keterhubungan antara class diagram
    1. Ringkasan Kebutuhan

      1. Functional Requirement Summary


SRS_F_ID
Description
SKPL- ASPD.K-0001
Memasukan data karyawan, data produk dan data transaksi
SKPL- ASPD.K-0002
Menampilkan karyawan, data produk dan data transaksi
SKPL- ASPD.K-0003
Mencetak laporan transaksi untuk pelanggan dan laporan keseluruhan transaksi untuk owner ke dalam hard copy berupa kertas laporan
SKPL- ASPD.K-0004
Menambah atau merubah data akun admin

Tabel 4: Tabel functional requirement untuk Aplikasi Sistem Penjualan DebagsPro
      1. Non-Functional  Requirement Summary

SRS_NF_ID
Description
SKPL- ASPD.K-0005
24 jam sehari, 7 hari seminggu saat Sumber Listrik Tersedia
SKPL- ASPD.K-0006
100% Handal dalam operasi
SKPL- ASPD.K-0007
Mudah digunakan pada lingkungan sistem operasi Microsoft® Windows dengan DBMS SQL Server
SKPL- ASPD.K-0008
Kecepatan saat penggunaan tergantung RAM dan PROSESOR komputer
SKPL- ASPD.K-0009
Bahasa Indonesia

Tabel 7: Tabel non-functional requirement untuk Aplikasi Sistem Penjualan DebagsPro

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH-ISTILAH DALAM INTERNET [IP,TCP,UDP,DNS,PPP,HTTP, dll.]

SISTEM BILANGAN