STORAGE


    A. Pengertian Storage
      Pengertian Storage adalah penyimpan, tempat penyimpanan, media yang digunakan untuk menyimpan data yang diolah oleh komputer. Storage dibedakan menjadi removable storage dan non-removable storage.

     B. Sifat Storage
     Dalam penyimpanan storage tidak lepas dari adanya listrik, maka sifat dari storage yang berkaitan dengan adanya listrik terbagi menjadi 2 macam, yaitu bersifat volatile dan bersifat non volatile:
1.Volatile adalah isi yang ada di dalam sstorage tetap ada meskipun lampu dimatikan.
2.Non-Volatile adalah isi yang ada di dalam storage akan hilang bila lampu dimatikan.

     C. SEJARAH STORAGE
     Perkembangan media penyimpanan data (data storage) sejak komputer tercipta berubah sangat signifikan. Perbandingannya sangat mencolok, sebagai contoh data yang tersimpan dalam sebuah media penyimpanan sangat kecil, di bawah 4096 bits. Jika dikalkulasikan, 1 DVD setara dengan 90.000.000 punch card!!.
1.      Punch Card

     Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Contoh di sini adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun 1972. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan 
 data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.


2.      Punch Tape

     Seorang tokoh bernama Alexander Bain merupakan orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram (tahun 1846). Setiap baris tape menampilkan satu karakter, namun karena Anda dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape dibandingkan dengan punch card.

3.      Selectron Tube


     Pada tahun 1946 RCA mulai mengembagkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits Harga satu buah tabung sangat mahal dan umurnya sangat pendek di pasaran.

4.      Magnetic Tape


     Pada tahun 1950-an magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.




5.      Compact Cassette


        Compact Cassette merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape, dikarenakan sudah banyak dari kita yang telah memilikinya, hal itu menjadi bagian yang khusus. Compact Cassette diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan kaset untuk menyimpan data. Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700kB hingga 1MB dari data tiap sisinya. Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam Compact Cassette dapat dijalankan selama 281 hari.

6.      Magnetic Drum

    Magnetic Drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit. Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari Memori Utama.




7.      Floppy Disk

   Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

8.      World’s first hard drive

     Tanggal 13 September 1956, komputer IBM 305 RAMA dalam kondisi tidak terselubungi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4 MB (setara dengan 5 milyar karakter) – saat itu sudah menjadi hal yang menakjubkan. Data tersimpan dalam 50 buah Magnetic Diks yang berukuran 24 inci. Lebih dari 1000 sistim dibangun dan diproduksi pada akhir tahun 1961. IBM mengeluarkan seharga $3,200 per bulan untuk memproduksi komputer.



9.      Hard drive


    Hard drive masih diproduksi di bawah pengembangan yang tetap (konstan). Hitachi Deskstar 7K yang Anda lihat pada gambar di bawah adalah hard drive pertama kali yang dapat menyimpan data 500GB setara dengan 120.000 World’s first hard drive IBM 305 RAMAC. Hal ini cenderung tiap tahun kita dapat memperoleh drive yang dapat menyimpan data secara cepat dengan harga                                     murah.


10. Laser Disk


 Tahun 1958, Laser Disk ditemukan namun tidak sampai tahun 1972 untuk pertama kalinya Video Disk didemonstrasikan kepada publik. Enam tahun kemudian, yaitu tahun 1978, sudah tersedia di beberapa pasaran. Hal yang tidak mungkin menyimpan data pada disk, namun mereka dapat menyimpan data dalam bentuk video dan gambar secara signifikan dengan kualitas tinggi lebih canggih dari teknik pada VHS.

11. Compact Disk


  Compact disk muncul bermula dari penemuan Laser Disk, namun berukuran lebih kecil. Dikembangkan oleh kerjasama antara SONY dan Philips pada tahun 1979 dan Compact Disk sangat berlimpah di pasaran pada tahun 1982. Sekarang tipe CD dapat menyimpan data sebesar 700MB.




12. DVD
        DVD (Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc) merupakan dasar dari CD menggunakan teknologi laser yang berbeda. Panjang gelombang laser menggunakan 780nm sinar inframerah (standar CD menggunakan 625 nm hingga 650nm sinar inframerah) yang membuatnya memungkinkan menyimpan data pada space yang sama. Dua lapisan DVD dapat menyimpan data sebesar 8.5 GB.


13. MediaPenyimpananMasaDepan


        Ada beberapa media penyimpanan data modern seperti kartu memori (memory card), kita tidak memiliki hal semacam itu, namun dalam perkembangan masa depan ada kemungkinan me-launching Blu-Ray dan HD DVD – persaingan dua format sebagai pengganti compact disc yang dapat menyimpan data lebih banyak. Apa yang akan Anda ucapkan jika suatu saat memiliki Holographic Versatile Disc (HVD) yang dapat menyimpan data 160 kali lebih banyak dari Blu-Ray Disc. Kemampuan menyimpa data hingga 3.9 TB (Tera Byte) dalam sebuah disk atau secara dengan 4.600 – 11.900 jam menjalankan video menggunakan MPEG4.

D. TIPE STORAGE
1. Volatile
      volatile  adalah  media  penyimpanan  data  yang  akan hilang  datanya  bila  tidak ada aliran listrik  (Contoh : RAM dan ROM).
             2.  Non-Volatile
          Non Volatile adalah media    penyimpanan    yang  tetap ada datanya walaupun aliran  listrik  telah dihentikan ( Contoh :  Hardisk,Flashdisk,dll )

E. FUNGSI STORAGE
   Fungsi Storage adalah penyimpanan data atau file dalam jangka panjang dan pendek

F. JENIS-JENIS MEDIA PENYIMPANAN
         Media penyimpanan data dalam computer disebut sebagai memory atau storagePada dasarnya media penyimpanan didalam komputer dibedakan menjadi dua macam yaitu:
1. - Primary Storage / Primary memory (Internal memory )
       Ada 4 bagian dari Primary Storage :
1) Input Storage Area: Untuk menampung data yang dibaca.
2) Program Storage Area: Penyimpanan instruksi-instruksi untuk pengolahan.
3) Working Storage Area: Tempat dimana pemrosesan data dilakukan.
4) Output Storage Area:Penyimpanan informasi yang telah diolah untuk sementara waktu sebelum 
isalurkan ke alat-alat output.                                                                                                                        
  - primary memory
1. RAM ( RENDOM ACCES MEMORY)
         Merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. RAM befungsi untuk menyimpan program dan data dari pemakai computer dalam bentuk pulsa-pulsa listrik, sehingga seandainya listrik yang adadimatikan, maka program dan data yang tersimpan aka hilang. Secara fisik, RAM berbentuk seperti sebuah chip yang sangat kecil, dan saat in mampu menyimpan data antara 8 MB hingga 32 GB, Secara prinsip pengertian RAM terbagi menjadi :
    a) Input Area, yaitu tempat untuk menampung data-data input yang akan diolah. 
     b) Program Area, yaitu tempat untuk menampung program yang akan digunakan untuk memproses data. 
    c) Working Area, yaitu tempat untuk menampung kegiatan pengolahan data yang akan dikerjakan. Output Area, yaitu tempat untuk menampung hasil pengolahan data.
2. ROM ( READ ONLY MEMORI)
     Berfungsi untuk menyimpan pelbagai program yang berasal dari pabrik computer. Sesuai dengan namanya, ROM (Read Only Memory), maka program yang tersimpan dalamROM, hanya bisa dipakai oleh para pemakai. ROM bisa diibaratkan sebuah tulisan yang sudah tercetak, di mana pemakai hanya bias melakukan pembacaan data yang ada di dalamnya tanpa bisa melakukan perubahanapapun pada tulisan yang ada. ROM biasanya berisi instruksi / program khusus yang bias digunakan pemakai untuk memanfaatkan computer secara maksimal. ROM menyimpan program yang berasal dari pabrik dalam bentuk komponen padat, sehingga tidak akanmengalami gangguan seandainya aliran listrik terputus. 
    sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, antara lain:
1. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang dapat kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan, setelah itu tidak dapat diprogram.

2. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi prom dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengna yang diinginkan.
3. EPROM (Erasable Program ROM)
, merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program
kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
4. .EEPROM (Electrically Erasable Program ROM)
perkembangan mutakhir dari ROM dimana
kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunkan teknik elektrik.
        EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini. yang kedua, Random Access Memory (RAM), yaitu memori yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dar RAM ini adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer.

G.  PERANGKAT PENYIMPAN DATA
a. MAGNETIK
     Terbuat dari bahan electromagnetik Proses penyimpanan dengan cara magnetisasi Contoh : Disket, Flashdisk, micro SD dan Hardisk
b. OPTIK
           Terbuat dari kaca  yang dapat dilalui oleh cahaya Proses penyimpanan data dengan cara menguraikan cahaya Contoh : CD-R, blue ray dan CD-RW Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. contohnya dar optical disk ini adalah CD-RW dan DVD-RW. teknologi optical disk ini dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Phase-change diskdisk ini dilapisi oleh bahan yang dapat mengkristal(beku) menjadi crystalline(serpihan-serpihan kristal) atau menjadi amorphous state(bagian yang tak berbentuk). Bagian crytalline ini lebih transparan, karenanya tembakan laser yang mengenainya akan lebih terang melintasi bahan dan memantul dari lapisan pemantul. Drive Phase-change disk ini menggunakan sinar laser dengan kekuatan yang berbeda. sinar laser dengan kekuatan tinggi digunakan melelehkan disknya kedalam amorphous state, sehingga dapat digunakan untuk menulis data lagi. sinar laser dengan kekuatan sedang dipakai untuk menghapus data denga cara melelehkan permukaan disknya dan membekukannya kembali ke dalam keadaan crytalline, sedangakan sinar laser dengan kekuatan lemah digunakan untuk membaca data yang telah disimpan.
  2. Dye-Polimer diskDye-polimer merekam data dengan membuat bump(gelombang) disk dilapisi dengan bahan yang dapat enyerap sinar laser. sinar laser ini membakar spot hingga spot ini memuai dan membentuk bump(gelombang). bump ini dapat dihilangakan atau didatarkan kembali dengan cara dipanasi lagi dengan sinar laser.
c.ELEKTRONIK
       Terbuat dari rangkaian komponen elektronik yang sangat Kecil Proses penyimpanan data dengan cara menghubungkan dengan komputer Contoh : Memory card HP, atau Kamera

H. KAPASITAS PENYIMPANAN
• 1 Byte            = 8 bits
• 1 Kilobyte       = 1,024 bytes
• 1 MB              = 1024 KB
• 1 GB              = 1024 MB
• 1 Terabyte      = 1024 GB
• 1 Petabyte      = 1024 TB
• 1Exabyte         = 1024 PB
• 1 Zettabyte     = 1024 XB
• 1 Yottabyte     = 1024 ZB

I. BAGIAN-BAGIAN STORAGE

1. Boot Sector 

            Merupakan sektor boot dari sebuah sektor harddisk, floppy disk, atau perangkat penyimpanan data yang sama yang berisi kode program untuk boot (biasanya, tapi tidak harus, sistem operasi) disimpan di bagian lain dari disk. Pada mesin IBM PC yang kompatibel BIOS memilih perangkat boot, maka salinan sektor pertama dari perangkat (yang mungkin suatu MBR, VBR atau kode yang dapat dieksekusi), untuk lokasi alamat 0x7C00. 
2. Cluster 
         Cluster, atau allocation unit (unit alokasi) dalam beberapa sistem berkas (file system) dan pengorganisasian disk, seperti File Allocation Table dalam sistem operasi MS-DOS dan NTFS dalam Windows NT merujuk kepada kumpulan sektor media penyimpanan yang digunakan oleh sistem operasi sebagai sebuah kesatuan, yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi di dalam berkas atau direktori. Cluster dimaksudkan untuk mengurangi keborosan dalam melakukan manajemen terhadapstruktur data di dalam hard disk, sehingga sistem berkas tidak akan mengalokasikan sektor disk fisik, tetapi sekumpulan sektor yang saling berdekatan.struktur data di dalam hard disk, sehingga sistem berkas tidak akan mengalokasikan sektor disk fisik, tetapi sekumpulan sektor yang saling berdekatan. 

3. Cylinder 
     Sebuah disk drive silinder adalah divisi data dalam disk drive, seperti yang digunakan dalam mode pengalamatan CHS hard disk (atau floppy disk). Konsepnya adalah konsentris, cekung, silinder irisan melalui disk fisik (piringan), mengumpulkan masing-masing trek melingkar sejajar melalui tumpukan piring. 
4. Sector 
       Dalam konteks penyimpanan disk komputer, sebuah sektor adalah subdivisi dari sebuah lagu pada magnetik disk atau optical disk. Masing-masing sektor menyimpan suatu jumlah data tetap. Format khas media ini menyediakan ruang untuk 512 byte (untuk magnetik disk) atau 2048 bytes (untuk cakram optik) dari data yang dapat diakses pengguna per sektor. 
5. FAT 
     Sistem berkas FAT atau FAT File System adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi. Untuk penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja. Kata FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas. Arsitektur FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital atau pemutar media portabel. 
6. Plater
        Sebuah piring hard disk (atau disk) adalah sebuah komponen dari sebuah hard disk drive ini adalah lingkaran disk tempat data disimpan magnetik. Sifat yang kaku piringpiring di sebuah harddisk adalah apa yang memberi mereka nama mereka (sebagai lawan dari bahan fleksibel yang digunakan untuk membuat floppy disk). Hard drive biasanya memiliki beberapa piringan yang dipasang pada gelendong yang sama. Sebuah piring dapat menyimpan informasi di kedua belah pihak, yang membutuhkan dua kepala per piring.
7. Hard disk recorder 
     Sebuah hard disk perekam adalah jenis sistem pencatatan yang menggunakan kapasitas tinggi hard disk untuk merekam audio digital atau video digital. Hard disk sistem perekaman mewakili sebuah alternatif yang lebih tradisional reel-to-reel tape atau kaset sistem multitrack, dan memberikan kemampuan pengeditan tidak tersedia untuk tape recorder. Sistem, yang dapat mandiri atau berbasis komputer, biasanya mencakup ketentuan-ketentuan pencampuran digital dan pengolahan sinyal audio. 
8. Host adapter 
     Dalam perangkat keras komputer, sebuah host controller, host adapter, atau host bus adapter (HBA) menghubungkan sistem host (komputer) ke jaringan lainnya dan perangkat penyimpanan. Istilah ini terutama digunakan untuk merujuk ke perangkat untuk menghubungkan SCSI, Fibre Channel dan eSATA perangkat, tetapi perangkat untuk koneksi ke IDE, Ethernet, FireWire, USB dan sistem lain juga mungkin disebut ]host adapter. Baru-baru ini, kedatangan iSCSI telah membawa sekitar Ethernet HBAs, yang berbeda dengan Ethernet NIC bahwa mereka termasuk perangkat keras yang didedikasikan iSCSI-offload TCP Engine. 
9. Interleave 
      Ketika mengacu ke komputer hard disk drive, interleaving adalah metode untuk membuat membaca data lebih efisien. Interleaving adalah metode pengorganisasian sektor pada hard disk drive komputer, sehingga data yang akan diatur sehingga membaca / menulis kepala dapat mengakses informasi lebih mudah, sehingga data yang dibaca dari hard disk lebih cepat. 
10. Logic Board 
     Sebuah papan logika adalah Apple Macintosh setara dengan motherboard. Istilah logika papan terjebak selama bertahun-tahun dari Macintosh manufaktur, bahkan di non-all-in-one Mac. Sebuah praktek lama untuk Apple saat model yang sudah ada ditingkatkan adalah untuk menawarkan upgrade dewan logika di mana user bisa membawa komputer mereka ke dealer Apple dan memiliki motherboard lama digantikan dengan yang baru, bersama dengan upgrade lain yang diperlukan untuk membawa komputer mereka di Sejalan dengan spesifikasi model baru. 
11. SCSI 
       Interface Sistem Komputer Kecil, atau SCSI (dibaca scuzzy), adalah satu set standar untuk menghubungkan secara fisik dan mentransfer data antara komputer dan perangkat periferal. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik. SCSI yang paling sering digunakan untuk hard disk dan tape drive, tetapi dapat menghubungkan berbagai perangkat lain, termasuk scanner dan CD drive. 
12. Motor Spindle 
     Motor spindle, juga kadang-kadang disebut spindle poros, bertanggung jawab untuk mengubah hard disk piring, memungkinkan hard drive untuk beroperasi. Motor spindle adalah semacam “kuda kerja” dari hard disk. Ini tidak mencolok, tetapi harus memberikan stabil, dapat diandalkan dan konsisten kekuatan mengubah ribuan jam sering terus digunakan, untuk memungkinkan hard disk untuk berfungsi dengan benar. Bahkan, banyak kegagalan drive sebenarnya kegagalan dengan motor spindle, bukan sistem penyimpanan data. 


J. JENIS-JENIS HARD DISK

1. Disk ATA / EIDE 

        Hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment) adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus, Banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer). Keuntungan drive EIDE / ATA yang signifikan adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drive digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa. Salah satu produsen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung ke motherboard. 
2. Disk SCSI 
              Banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI. Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data. Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server. 
3. Disk RAID 
            Performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, denga semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata – rata. 
4. Disk SATA 
        Hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi Serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel. 
5. SATA 
          Dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk. Tipe hard disk yang telah dibahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang diinstall di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), jadi bisa dipindah – pindahkan. Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480 Mbps. 

K. ONLINE STORAGE
         Online storage atau  Penyimpanan data online, merupakan Halaman
Website yang menyediakan fasilitas untuk menyimpan data – data atau file
dalam format tertentu di server penyedia layanan Online Storage. Dengan
syarat user yang akan mengupload file harus terdaftar sebagai Anggota
atau member.
        Onlie storage atau penyimpanan data online yang berkembang saat ini
cukup beragam namun pada umumnya konsep – konsep dasar dari masing –
masing Online Storage ini aman.
dimana fungsi utamanya adalah penyimpanan semua data atau file yang
diupload oleh member dan kemudian
dapat di download dengan bebas oleh semua pemakai internet dengan syarat 
harus mempunyai atau mengetahui link downloadnya. Berikut adalah contoh Web yang menyediakan fasilitas Online Sorage :
  1. 4Shared
  2. Ziddu
  3. TurboShare
  4. indowebster
  5. mediafire
  6. google drive dll.
a) Keuntungan bagi pengguna internet dengan adanya Online Storage
    Manfaat dari adanya Online Storage ini sangatlah dirasakan oleh pengguna yang cukup aktif di bidang internet :
1. Untuk bisnis
      Tidak sedikit orang yang memanfaatkan fasilitas ini untuk berbisnis, contohnya misalkan di gunakan sebagai media penyimpanan Buku – buku elektrik atau biasa disebut E-Book, ada juga yang memanfaatkan sebagai bisnis penjualan aplikasi, game, Film secara Online. Dengan prosedur transaksi yang beragam.
2. Untuk Keperluan kantor
      Misalkan sebuah perusahaan memiliki beberapa cabang dan kebetulan jarak antara masing – masing kantor berjauhan yaitu antar pulau, dan kebetulan ada sebuah File atau data yang perlu di kirim pada hari itu dengan kapasitas data yang cukup besar sehingga tidak memungkinkan jika di kirimkan via Email, dan karena di butuhkan sangat mendesak pada saat itu juga sehingga dengan menggunakan jasa pengiriman paket kilat sudah tidak memungkinkan, dan alternative lain yaitu mengupload data tersebut ke Website penyedia online storage tadi. Sehingga dengan hanya mengirimkan Link download ke yang memerlukan, semua data bisa di Unduh.
3. Untuk keperluan sekolah atau kampus
     Ini sangat bermanfaat saat pengumpulan tugas dari Guru atau dosen yang kapasitas file tugasnya melebihi kapasitas standar yang di batasi Email. Sehingga alternative lain yang bisa kita gunakan untuk mengumpulkan Tugas adalah Online Storage.
      Dari  ke 3 point di atas masih banyak lagi manfaat – manfaat lainnya yang bisa di peroleh dari fasilitas Online Storage ini.
b) Dampak positif dan negatif
Dari beraneka ragam bentuk penggunaan dan pemanfaatan dari Web Online storage ini tentunya memiliki nilai – nilai positif dan negatif.
- Nilai Positif
      JIka semua fasilitas dan ketentuan – ketentuan dari penyedia layanan ini di patuhi 100% maka secara otomatis semua kegiatan dalam pemanfaatan fasilitas akan bernilai Positf baik bagi Penyedia layanan, pengguna (pengunggah) dan pengguna (pengunduh).
- Nilai Negatif
      Mungkin sebagian dari kita sudah pernah merasakan dampak negatifnya, tentunya dampak negatif ini sangat di pengaruhi oleh pengUgah file seperti contoh misalkan suatu halaman Website atau blog yang menyediakan bacaan atau artikel tentang apa saja yang menyediakan link – link download yang ternyata file yang di download tadi mengandung virus, video fitnah, berita Hoax, dan file – file yang merugikan lainnya.
                                             


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH-ISTILAH DALAM INTERNET [IP,TCP,UDP,DNS,PPP,HTTP, dll.]

SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK [Analisis dan Perancangan Sistem Penjualan (Kasir) Serta Pengelolaan Barang DebagsPro]

SISTEM BILANGAN